Interaksi
manusia dan komputer merupakan suatu disiplin ilmu yang mengkaji tentang
komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan sistem.
Awal munculnya istilah interaksi
manusia dan komputer :
a. Tahun 1950-an
Pertama kali
diperkenalkan secara komersil.
b. Tahun 1970-an
Komputer
pribadi(PC), maka berkembanglah penggunaan teknologi ini secara cepat dan
mengagumkan ke berbagai penjuru (pendidikan, perdagangan, perusahaan dll) dan
muncul isu teknik antarmuka pengguna (userinterface)
c. Pada tahun 1980an
Pertengahan
baru di perkenalkan istilah IMK
Model IMK :
1. Pengguna
2. Interaksi
3. Sistem
Tiga komponen
ini saling berkaitan. Pengguna adalah bagian dari sistem yang memungkinkan
berinteraksi dengan komputer, oleh sebab itu mengapa 3 komponen ini saling
berkaitan.
Hubungan IMK dengan bidang lain :
a. Psikologi
b. Grafik
c. Antropologi
d. Linguistik
e. Sosiologi
f. Ergonomik
g. Teknik elektronika dan ilmu komputer
Sistem komuputer di buat untuk membantu
manusia :
1. Manusia(user)
Tahun 1983 ada
sebuah model human prosesor yang terdiri dari 3 subsistem, yaitu :
a. Sistem Persepsi
Menangani
sensor dari luar
b. Sistem mator
Mengontrol aksi
dan respon
c. Sistem Kognitif
Memproses hubungan keduanya
Informasi pada
manusia terdiri dari :
o diterima dan direspon melalui input output
o disimpan di memori
o diproses dan di aplikasikan
Memori manusia
:
A Memori sensor :
Iconic untuk
visual
Echoic untuk
aural
Haptic untuk
Peraba
B. Short term
memori
Daerah memori
aktif, yang di anggap sebagai memori kerja.
Contoh :
menghitung dan membaca
C. Long term
memori
Episodic :
mempresentasikan kejadian
Semantic :
mempresentasikan stuktur dari fakta
2. Komputer
A. Input /
Output komputer
chaBatch : data
berkelompok
Interaktif :
satu per satu
B. Text Entity
Device
Keyboard
Handwriting
recognize
Speech
recognition
C. Output
Device
LCD
CRT
LED
D. Paper
Printing,
Scanner dan optical character recognition
3. Interaksi
Tipe :
a. Comand Line interface
b. Menu
c. Natural Language
d. Query dialogue
e. Spreadsheet
f. WIMP (windows, icons, menu, pointers)
No comments:
Post a Comment