Game/permainan adalah sesuatu yang sangat
digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game berarti “hiburan”. Permainan
game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual”
(intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena
keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya.
Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana
game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Beberapa waktu lalu istilah “game” yang dalam bahasa
Indonesia adalah “permainan” identik dengan anak-anak selaku
pemain. Tentunya dalam permainan itu suatu kegiatan yang dilakukan oleh
anak-anak yang menurut mereka itu dapat menyenangkan hati mereka. Segala bentuk
kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian
terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai game. Tetapi yang akan dibahas
pada kesempatan ini adalah game yang terdapat di komputer, baik off line maupun
online.
Saat ini perkembangan games di komputer sangat cepat. Para
pengelola industri game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata
dan menarik untuk para pemainnya. Hal inilah yang membuat perkembangan games di
komputer sangat cepat. Sehingga games bukan hanya sekedar permainan untuk
mengisi waktu luang atau sekedar hobi. Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan
kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya.
Aplikasi games dapat dijalankan pada berbagai platform.
Beberapa platform media yang bisa dijadikan pilihan untuk advergames adalah :
1. Personal Computer berupa aplikasi games
pada PC. Games ini dijalankan pada personal computer. Pada media Personal
Computer, durasi waktu penayangan adalah tidak terbatas, selama games tersebut
bagus dan mampu menghibur audience/pemain, maka selama itulah tingkat
kemungkinan untuk dilihat audience akan semakin tinggi. Pembuatan Games ini
biasanya menggunakan Language C++ / C#, membutuhkan waktu 3-6 bulan tergantung
dengan kompleksitas games tersebut.
2. Web Based Games. Yaitu aplikasi games yang
diletakkan pada server di internet dimana audience/pemain hanya perlu
menggunakan akses internet dan browser untuk mengakses games tersebut.
Corporate yang memiliki keinginan mengumpulkan komunitas internet dan sekaligus
memperkenalkan product/brandnya kepada komunitas Internet sangat cocok memilih
media games online internet ini. Pilihan ini banyak digunakan karena dapat
meningkatkan traffic pada suatu website Bila games yang dibutuhkan simple maka
diperlukan waktu pengembangan yang relative lebih singkat 1-2 bulan.
3. SmartPhones/PocketPC. Aplikasi games yang jalan
pada mobile devices bersistem operasi Windows Mobile 2003/2004 ataupun windows
mobile 5.0. Product yang memiliki target market status ekonomi A,B dan karakter
pengusaha/ eksekutif muda sangat cocok apabila menggunakan media
PocketPC/SmartPhones sebagai bagian aktivitas kegiatan advertising. Games
bertemakan strategi ataupun simulasi bisnis pada umumnya lebih disukai oleh
orang-orang golongan ini. Waktu pengembangan biasanya memerlukan waktu 3-6
bulan tergantung dengan kompleksitas games tersebut
4.CellPhones / Mobile Phones.
Aplikasi games untuk cell-phones atau mobile phones sebenarnya bisa
dimanfaatkan untuk mendapatkan potensial pelanggan dengan golongan Status
Ekonomi Responden A,B dan C. Produk yang memiliki target golongan ABG, remaja,
anak kuliah, eksekutif muda sangat tepat menggunakan media ini, mengingat pada
golongan inilah mereka suka sekali mencoba dan mengeksplorasi features aplikasi
yang tersedia pada mobile/cellphones mereka. Mereka biasanya aktif mencari
aplikasi bersifat fun atau game yang dapat mengisi waktu senggang mereka. Waktu
pengembangan untuk membuat aplikasi pada devices ini relative lebih pendek
yaitu 1-3 bulan tergantung dengan kompleksitas games tersebut.
Konsep game
Anda
tidak akan dapat membuat game tanpa unsur terpenting ini. Terlebih dahulu kita
pikirkan dulu raw plan gamenya, apa genre nya, judulnya apa, siapa
tokoh utamanya, bagaimana jalan ceritanya, dan sebagainya. Seiring dengan
pembuatan game, anda bisa "meningkatkan" kualitas game. Seperti
menambah detail pada background, membuat fitur baru yang tidak mengubah konsep
utama.
Ada 2
cara yang dapat digunakan dalam membuat game, yaitu :
Dengan
membuat sendiri program yang akan digunakan untuk membuat game ( umumnya
professional game developer yang menggunakan cara ini).
Dengan
menggunakan program jadi yang tinggal kita gunakan.
Untuk
membuat program sendiri tidak akan kita bahas disini karena tujuan penulisan
ini adalah untuk amateur game developer , tapi sekedar pengetahuan saja, untuk
membuat program sendiri kita harus memahami bahasa pemrograman , dan untuk
membuat program sendiri, kita dapat menggunakan “Visual Basic”, “C++”,dll.
Saat
ini sudah ada banyak aplikasi untuk membuat game. Diantaranya ada juga yang
Freeware (gratisan) untuk di download&install. Beberapa aplikasi yang akan
kita bahasa adalah:
Program-program untuk membuat game ada bermacam-macam.
Mari
kita bahas satu persatu:
1.
Game Maker
Game
maker merupakan suatu program yang bisa dikatakan cukup simple dan mudah untuk
digunakan. Dengan program ini anda dapat menciptakan game jenis apa saja yang
anda inginkan seperti:
racing,action,fighting,rpg,adventure,puzzle,tactic,simulation,dll. Program ini
lebih focus pada game berjenis 2D tetapi program ini juga menyediakan feature
yang memungkinkan anda untuk membuat game jenis 3D ,namun anda tidak bisa
membuat game sekelas “Halo”, ”Empire Earth”, “Need for Speed”, dengan program
ini. Karena feature 3D yang diberikan hanya untuk membuat game 3D yang
sederhana. Script yang dipakai adalah GML (Game Maker Language) yang juga bisa
dipadukan dengan programming language seperti Delphi,C,dan sebagainya,hal ini
bisa dilakukan dalam kapasitas penggunaan DLL (Dynamic Link Library,berupa
semacam plugin yang mengandung fungsi-fungsi yang tidak dimiliki oleh
GameMaker).
2. RPG MAKER(R.M)
R.M
merupakan program yang difokuskan untuk membuat game bertipe R.P.G (Role
Playing Game).Program ini bisa dikatakan cukup mudah untuk dipahami, karena
dilengkapi dengan tools-tools yang bisa dibilang tidak terlalu rumit. Umumnya
banyak orang-orang yang mulai membuat game karena kecintaanya dengan dunia
R.P.G , Misalkan setelah bermain “Suikoden “ atau “Final Fantasy”,seseorang
merasa ingin membuat game R.P.G. serupa. mungkin anda salah satu dari orang
–orang itu, jadi anda bisa mulai mencari program ini. Sebab dengan program ini
anda dapat membuat game R.P.G sebebas-bebas mungkin . Script yang dipakai dalam
RPGmaker XP adalah RGSS (Ruby Game Scripting System,sebuah system script
turunan dari bahasa Ruby),sementara untuk RPGmaker terbaru (RPGmaker VX) yang
dipakai adalah pengembangan dari RGSS,yaitu RGSS2.
3.AGS( Adventure Game Studio)
AGS
adalah program yang khusus untuk membuat game bertipe “point and click”.
Mungkin sebagian dari anda ada yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan
“point and click”. Point and click adalah jenis game yang umumnya bertipe
adventure atau puzzle. Game bertipe ini dimainkan dengan menggunakan mouse
sebagai penentu arah bagi karakter, game bertipe ini sendiri sempat meledak dan
mengalahkan game console “Atari”, ketika awal kebangkitan game PC. Contoh
–contoh game bertipe point and click adalah: Clock Tower ( playstation one),
Broken Sword, Monkey Island ,Day of the Tentacle.Jadi bagi anda yang penasaran
atau hobi membuat cerita petualangan atau fiksi ilmiah dan ingin membuat cerita
tsb menjadi game , anda bisa menggunakan program ini.
4.
Macromedia Flash (Sekarang Adobe Flash)
Mungkin
sudah banyak orang yang tahu tentang program yang satu ini. Program ini
sebetulnya digunakan untuk membuat presentasi atau mendisain web. Namun selain
itu dengan sedikit kreatifitas anda dapat membuat game sederhana dengan program
ini. Sebab program ini tidak ditujukan untuk membuat game yang berat.
Macromedia Flash
Program
yang satu ini ditujukan untuk membuat game-game bertipe 3D ataupun 2D. Namun
program ini lebih dikhususkan untuk membuat game bertipe 3D. Tapi untuk
tambahan , program ini bisa dikatakan cukup sulit digunakan bagi anda yang
belum memiliki pemahaman dasar tentang 3D maupun tentang membuat game.
Kelebihan dari program ini adalah , anda dapat membuat game sekelas dengan
“Medal of Honor”, “Onimusha” , “ Prince of Persia”, “Ghost Recon”, ”Grand Theft
Auto”, dll . Jadi bila anda sudah mengerti tentang dasar dari membuat game,
mungkin anda dapat mencoba program
ini.
Jalan cerita
Setelah
melakukan pada step pertama, jalan cerita menentukan awal dan akhir dari game
itu sendiri. Tanpa jalan cerita yang jelas, pemain akan bingung mengikuti alur
game tersebut sehingga membuat mereka menutup browser mereka dan mematikan
komputernya. Tetapi dalam suatu genre game, jalan cerita tidak dibutuhkan
seperti Arcade, Simulation, dll. Namun, misalnya, untuk RPG, sudah jelas membutuhkan alur cerita.
Jalan cerita juga hendaknya unik dan berbeda dengan jalan cerita dari game-game
yang sudah ada, sehingga tidak menimbulkan kebosanan kepada pengguna. Supaya
menambah rasa semangat kepada pengguna untuk ingin menamatkan game maka buatlah
jalan cerita yang membuat si pengguna tidak menduga akan jalan ceritanya, serta
membuat rasa penasaran yang tinggi.
Grafik
Tentukan
style anda dalam membuat game, apakah dengan detail yang tinggi, atau sederhana.
Sebaiknya dalam menentukan style grafis, disesuaikan dengan konsep. Contohnya,
agan akan membuat game untuk anak-anak. Maka buatlah gambar yang tidak terlalu
banyak detail dan dengan warna terang dan buatlah karakter yang lucu dan imut
agar anak-anak tertarik memainkannya.
Video
game terbagi dua menurut dimensinya, yaitu:
-2D
(two dimension)
Game
dua dimensi dapat diketahui berdasarkan ruangnya yang hanya memiliki dua sisi (
X dan Y). Sedangkan untuk gambarnya sendiri dapat menggunakan Vector maupun
Bitmap. Untuk membuat animasi bergerak (berjalan,melompat,berlari,dll) kita
harus membuat gambar satu persatu yang disebut dengan(frame).
Kerealisasian gerakan ditentukan dari gambar yang dibuat, jumlah gambar(frame) yang digunakan, serta hitungan gambar per detik (frame per second ( semakin tinggi hitungan gambar per detik maka semakin mulus gerakan yang akan dihasilkan)). Bagi pemula sebaiknya mencoba untuk membuat game bertipe 2D terlebih dahulu.
-3D
(three dimension)
Sama dengan
dua dimensi , game bertipe ini dapat diketahui berdasarkan ruangnya , hanya
saja dalam 2D hanya ada 2 sisi (X,Y), dalam game 3D anda akan menemui tiga sisi
(X,Y,Z).
Alur Game
Apabila
pada step kedua dijelaskan tentang jalan cerita, di step ini dijelaskan tentang
alur game. Dalam suatu genre, buatlah alur game yang cocok dengan genre
tersebut. Contohnya : Game RPG membutuhkan karakter yang heroik dan pendamping
karakter utama. Ditengah perjalanan, mereka diharuskan melawan "bos"
untuk melanjutkan permainan. Di akhir game, mereka akan melawan "bos
terakhir" untuk mengakhiri permainan. "Bos terakhir" ini
haruslah kuat, karena disetiap perjalanan karakter pasti akan menerima
"Level Up". Sehingga pertarungan "Bos terakhir" dan
karakter akan seimbang. Kalau perlu, buatlah ending yang unik.
Contoh lainnya, pada game arcade. Arcade tidak perlu alur game yang rumit seperti RPG. Alur game arcade umumnya berbentuk level. Semakin banyak level yang ada, semakin penasaran pemain untuk menyelesaikan game. Namun kembangkan fitur dalam game. Agar pemain tidak bosan dipertengahan game.
Kumpulkan bahan
Anda
pasti membutuhkan tepung untuk membuat kue. Sama seperti game, anda juga butuh
bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat game. Contohnya, untuk game yang
lebih kompleks, agan membutuhkan efek suara. Anda bisa mendownload efek suara
tersebut di web yang memberikan efek suara secara gratis.
Kemudian setelah bahan "soft"nya terkumpul sekarang
kita juga perlu dari bahan "hard" nya yaitu personil(orang) dalam
pembuatan game.
Personil
yang dibutuhkan untuk optimilisasi pembuatan game:
Dalam
membuat game 2D sebaiknya anda bekerja dalam kelompok atau team yang minimal
terdiri dari 3 orang:
-1
orang programmer
-1
orang graphic design
-1
orang music composer
Sedangkan
untuk membuat game 3D sebaiknya anda minimal mempunyai 5 orang dalam satu
kelompok:
-1
orang programmer
-1
orang texture maker
-1
orang 3d modeler
-1
orang music composer
-1
orang pengatur gerakan (koreografer)
Sebetulnya
, dalam membuat game dapat juga dilakukan sendirian, tetapi hal ini membutuhkan
waktu yang lama dan hasil yang kurang maksimal , sebab tidak mungkin satu
manusia memiliki kemampuan dalam membuat program, menggambar, membuat model 3D(
untuk game 3D), pengatur animasi ,serta membuat musik.
Buat gamenya
Setelah semua persiapan, Sekarang saatnya beraksi, yaitu
membuat game
LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN GAME
Dalam membuat game kita harus memahami konsep dari game yang akan kita
buat.Tidak mungkin kita membuat game tanpa ada konsep ibarat membabi buta. Konsep
merupakan bagian yang paling penting, sebab disinilah anda menentukan game apa
yang anda ingin buat , R.P.G. , Adventure , Action, atau apa? Setelah pembuatan
konsep kita akan mengikuti langkah-langkah selanjutnya , tergantung dari game
yang akan dibuat , game 2D sederhana, game 2D besar, game 3d sederhana, atau
game 3d besar. Anda dapat melihat bagan konsep dibawah ini.
1.bagan konsep game 2D sederhana.
2.bagan konsep game 2D sedang/besar.
3.bagan konsep game 3D sederhana.
4.bagan
konsep game 3D sedang/besar.
No comments:
Post a Comment